RSS

What's Hanbok?



Chingudeul penggemar K-Pop pati sudah tahu apa itu Hanbok. Hanbok adalah pakaian tradisional dari Korea Selatan sedangkan di Korea Utara disebut Choson-ot.
Hanbok digunakan untuk ascara pesta pernikahan ataupun festifal budaya Korea.




Sedangkan bagian - bagian Hanbok adalah sebagai berikut :
  1. Jeogori. Jeogori adalah bagian atasan dari sebuah hanbok. Biasanya pakaian ini terdiri atas atasan dasar, kerah dalam, dan kerah luar. Perbedaan Jeogori pria dan wanita biasanya terlihati dari bentuk dan bahan yang digunakan.
  2. Chima. Chima merupakan bawahan dari sebuah hanbok. Bagian ini biasanya tersusun atas bagian dasar, sabuk, dan tali. Chima memiliki banyak macam, seperti Gyeop-chima, Hot-chima, Nubi-chima, dan Geot-chima . Setiap jenis chima biasanya berbeda dari segi bentuk dan ukuran.
  3. Baji. Baji memiliki bentuk seperti celana panjang. Ini merupakan bagian hanbok yang terdapat pada hanbok pria. Bagian tambahan yang terdapat pada Baji antara lain Heoritti (sabuk) dan Daenim (sabuk untuk pergelangan kaki).
  4. Durumagi. Ini merupakan bagian terluar dari hanbok. Jika dulu durumagi lebih sering dipakai sebagai busana tambahan untuk keluar rumah, kini busana ini sudah menjadi bagian dari busana sehari-hari. Busana ini memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan pergantian musim.
  5. Baeja: ini merupakan busana yang biasa dipakai pada Jaegori dan memiliki bentuk seperti rompi tanpa kancing.
  6. Beoseon: ini juga merupakan pakaian tambahan yang mirip dengan kaos kaki yang kita kenal saat ini.
  7. Dangui. busana ini memiliki bentuk seperti pakaian hakim.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment